Kamis, 04 Oktober 2012

apa itu proses booting ?

apa itu proses booting ?

definisi booting adalah 

  •  istilah untuk menghidupkan komputer.
  •  proses pemeriksaan perangkat keras (Hardware) komputer sebelum digunakan.
  •  proses pemasukan arus listrik kedalam peralatan komputer sehingga komputer dapat berkomunikasi dengan pengguna.

Gambaran proses Boot:
secara umum, gambaran proses boot sendiri , seperti ini : 
  1. saat komputer dihidupkan memorinya masih kosong, belum ada instruksi yang bisa dieksekusi oleh prosesor. nah, disinilah prosesor itu dirancang untuk selalu mencari alamat tertentu di BIOS ROM. pada alamat tersebut terdapat sebuah instruksi atau perintah Jump yang menuju ke alamat eksekusi awal BIOS. setelah itu prosesor menjalankan power-on-self (POST). yaitu meriksa kondisi hardware yang tersedia.
  2. setelah itu BIOS nyari Video Card. secara khusus dia nyari program BIOS milik Video Card. baru disini video card di inisialisasi. yaitu proses input data awal.
  3. kemudian BIOS meriksa ROM pada hardware yang lain. apakah memiliki BIOS atau tidak, jika ada maka akan dieksekusi, atau terpilih.
  4. bios ngelakuin pemeriksaan lagi, seperti meriksa besar memori dan jenis memori, selanjutnya BIOS meriksa hardware yang lain seperti disk, RAM, Lan Card dan lain sebagainya. dan BIOS mencari Boot sector, Boot sector ini berada di hard dsik atau di floopy disk.
Macam-macam Booting :
  • Cold Booting : proses menghidupkan komputer saat komputer dalam keadaan mati ( masih dingin )
  •  Warm Booting: Booting komputer dalam keadaan hidup.
pada saat Booting kita dapat melakukan pengaturan pada BIOS. dengan menekan tombol Del atau tombol yang lainnya tergantung jenis biosnya.


0 komentar:

Posting Komentar

comment like a human,