Kamis, 14 Februari 2013

JAVA : contoh program dengan struktur do-while


halo kawan, sudah lama saya tidak update postingan di blog saya yang tercintah ini (kelamaan jomblo).. hhe
oke udah yah becandanya..

cuma mau ngasih tau aja sih, sekitar 2 minggu ini saya sibuk dan lagi on firenya belajar bahasa pemograman java. nah kali ini. alangkah baiknya jika saya berbagi ilmu yang saya pelajari sekarang, walaupun masih belum begitu mengerti... saya mau berbagi sedikit ilmu dalam pemograman java.

yaitu Struktur do-while.



struktur do-while ini sebenernya mirip sekali dengan struktur while. perbedaannya hanya terletak pada penempatan kondisinya saja. pada struktur while, kondisi ditempatkan di awal blok pengulangan sedangkan pada struktur do-while kondisinya berada di akhir blok. akibatnya, pada struktur jenis ini, proses pengulangan akan dilakukan minimal sekali meskipun ternyata kondisinya tidak terpenuhi (bernilai false). berikut ini bentuk umum penulisan struktur do-while

inisialisasi
do {
  // statemen yang akan diulang
  ...
  iterasi
} while (kondisi);

untuk lebih memahami perbedaan antara struktur while dengan do-while, coba anda perhatikan terlebih dahulu dua buah contoh program berikut:

a.  program I (menggunakan struktur while)



pada program diatas, program tidak akan mengeksekusi statemen yang terdapat pada blok pengulangan. hal ini, disebabkan nilai i lebih besar dari pada 5 yang menyebabkan kondisi tidak terpenuhi (bernilai false). apabila dijalankan, program tersebut akan menghasilkan layar kosong.



b. program II (menggunakan struktur (do-while)


kali ini, meskipun nilai i lebih besar dari 5 (yang berarti kondisi bernilai false), tapi program tetap akan mengeksekusi statement di dalam blok pengulangan sebanyak 1 kali. cara kerjanya sebagai berikut: mula - mula program akan meneset variable i dengan nilai 6. selanjutnya, program akan masuk kedalam blok pengulangan dan mencetak teks "saya sedang belajar java" ke layar monitor sebanyak 1 kali serta menaikkan nilai i menjadi 7 ( nilai i asal adalah 6). setelah itu, program akan memeriksa kondisi (i  < 5) bernilai false, dan hal ini akan mengakibatkan proses pengulangan berhenti. berikut ini hasil yang akan diberikan apabila program II ini dijalankan 







0 komentar:

Posting Komentar

comment like a human,